Selasa, 21 Juni 2011

Kisah Katiyem

Seorang perempuan setengah abad datang ke sanggar dgn naik becak.
Penampilannya sederhana. wajahnya murung ada guratan guratan retak di dahinya.
Menandakan terlalu sering berpikir yg sangat terlalu.

Menyeruak aroma anyir darah dan agak bacin dari tubuhnya meskipun tidak tampak luka dari luar yg mencolok.
"selamat sore pak, saya katiyem. dan ini suami saya wagiran" perempuan itu mengulurkan tangan mengenalkan diri.
Ternyata tukang becak itu adalah suami perempuan ini. Penampilannya tidak kalah sederhana. Wajahnya pun tidak kalah murung.

"monggo2, pinarak lenggah mriki.. apa yg bisa saya bantu" saya persilahkan dan membuka pembicaraan.
Mimik wajah kedua orang itu berubah menjadi lebih murung.
"kulo sakit pak, sampun kalih tengah taun niki kulo sakit kados ngeten". Dengan sedikit malu tangannya menyentuh payudara sebelah kirinya.
Tampak dada sebelah kirinya lebih menyembul dibanding yang sebelah kanan.

"baik, mari kita periksa bersama. monggo pak sareng-sareng" saya mengajak pak wagiran ikut menyaksikan saya memeriksa istrinya.
"sampun, kulo rantos mriki mawon" pak wagiran memaksakan senyum sambil mengeluarkan rokok.

Menyingkat cerita. saya didalam ruang periksa. bu katiyem membuka bra. MASYA ALLAH...!
Bau anyir makin menyengat. ternyata .. dada sebelah kiri krowak hingga tampak urat-urat daging sebelah dalam. darah dan air nanah mencair keluar pelan terus menerus.

Persis yang kuduga Carcinoma mammae/kanker payudara. mungkin stadium 4 lanjut. saya tidak bisa membayangkan rasa sakit yg diderita ibu ini.
"sudah diperiksakan ke dokter ?" tanyaku.
"sampun, cumak kulo mboten terasaken, ragate telas" perlahan air mata menetes dari mata bu katiyem.

Saya tidak ingin menambah penderitaannya dgn bertanya kenapa tidak menggunakan jamkesmas atau apalah namanya. segera saya ambil NaCl + sufratul + ion perak. untuk menghentikan pendarahan dan air sel busuk yg terus keluar.
Saya punya keyakinan jika ditangani medis pastilah kemoterapi yg akan ditempuh. masalahnya kemoterapi adalah suatu sistem pembunuhan sel kanker secara frontal sehingga tidak menutup kemungkinan sel yg sehatpun ikut mati terbunuh. dan yg terpenting harus ada regenerasi sel dgn penambahan hormon. dan itu bukan harga yg murah..!

Setelah selesai kami keluar menemui pak wagiran.
"pak, buk, ini harus rutin terapi, ini ada sedikit obat herbal untuk sementara saja. nanti coba saya hub Prof. Bambang wir.. mungkin ada solusi buat ibu"
Berdua mereka tertunduk, semakin sesak rasanya dada ini melihat kahanan ini.

Berikut diskusi kami bertiga ;

P.Wagiran : nopo saget waras nggih pak ?
Saya : sudahlah pak, mari kita sama-sama memohon pada Tuhan semoga masih ada rahmat buat keluarga jenengan. nanti kalo ada waktu senggang saya kerumah bapak saja, kan ada motor klo bapak kesini kejauhan jarak 10km pp genjot becak ya lumayan gempor kaki bapak..hehe

B.katiyem : kersane kulo sing mriki mawon. kulo pun mboten kiyat pingin pejah rasane. (menangis)
Saya : lho..mboten pareng nglokro..harus semangat. masih punya keinginan kan ? kekarepan kuwi doyo gesang. harus punya keinginan. melas suaminya yg sudah setia mencarikan tombo kemana mana. melas putranya yg belum mentas. melas pada jiwa ibu yg belum tau kemana nantinya kalo meninggalkan dunia ini tanpa bekal yg cukup. opo ra pingin ngibadah haji ? hehe..

P.Wagiran : nopo saget tiyang mbecak munggah kaji ? (senyum kecut banget)
Saya : Wo jalmo tan keno kiniro. kalo Gusti wus ngersakake opo kang ora enjo..iyo to..
begini pak, coba bapak amalkan harta bapak..ora duwe to (si bapak tersenyum kecut banget lagi) nah coba bapak amalkan ilmu bapak..yo ora duwe neh..mengko malah ilmu menebak togel hehe..(idem).
mungkin ini bapak punya, coba amalkan tenaga bapak..

P.Wagiran : caranya ? wong kulo nggih pun mboten pati rosa..
Saya : pilih hari bebas, jumat misalnya. antarkan orang yg pergi/pulang jumatan kemanapun jauhnya antarkan dan jangan dipungut biaya serupiahpun. sepayah apapun hatimu cobalah tersenyum. dengan begitu bapak sedang belajar ilmu ikhlas. (manggut-mangut bapake). memang diawal awal sangat terasa berat. perang batin. tapi kalo bisa mengatasi woo..keturutan budal "ngaji"

B.Katiyem : pak sarehne sampun cekap kulo nyuwun pamit. kulo mboten saget ngaturi menopo-menopo (kembali nangis).
Saya : sampun2 sakniki jenengan kedah kathah dedonga sing khusuk. nyadong sih wilasane Gusti kang murbehing dumadi. mugi diparingi raos tetrem, ayem, sabar, narimah lan tawakal.
sabar wae, nek ora Gustine sing karep yo mokal iso kelakon sabar.
pasrah, sumarah, sumende lan sumeleh.
Kita hanya diberi waktu sesaat didunia ini. maka manfaatkan sebenar-benarnya hidup ini dgn mengenali dirimu agar tidak ada lagi keinginan mengakhiri hidup ini tanpa bekal.
Coba perhatikan nek jenengan kondur teng griyo, gek griyone petengan ora ono lampu, gek kuncine ora nggowo. kuciwo to ? isone mung doprok neng ngarep omah ora iso mlebu ngenteni nganti ono wong liyo kang ngewangi..

Lalu berdua mereka pulang.
Ringkas cerita saya mencoba menggalang bantuan agar bisa meringankan beban bu katiyem. karena sakit kanker memang membuat kantong kering lagi kerontang.
Bantuan datang dari teman medis, spiritualis semua mendukung. entah mengapa ? karena lugunya pak wagiran dan bu katiyem mungkin yg membuat semua mengalir seperti ini.

Hingga suatu hari saya pas kerumah mereka. kondisi bu katiyem berangsur-angsur membaik luka yg krowak sudah mulai mengering dan coplok sedikit demi sedikit. wajahnya mulai berbinar.
Siang itu jam 2 an. pak wagiran barusan selesai makan nasi bungkus. sedangkan bu katiyem selesai sholat dhuhur. masih dgn mukenanya.

p.Wagiran : ooo pak eddy monggo2 pinarak..
B katiyem : pak eddy. kulo sakniki mpun kraos enteng. kolo dalu kulo dipurugi cahaya putih semu kuning ayem sanget kraose. kulo ditimbali kengken sowan. nopo nggih niku artine ?

Deg..sejenak seperti berhenti jantungku berdetak. adrenalin terpacu luar biasa. gemetar. bergidik. bulu kuduk meremang. gamang galau seketika.
Entah kenapa kantung mataku seperti dipenuhi air. bibirku terkatup.

P.Wagiran : ojo di dramatisir buk, iku cumak ngimpi to..
B.katiyem : dudu we wong aku gek dzikiran bar tahajud..

Sesaat kemudian.
B.Katiyem : aduh kok sirahku mumet banget yo.. aduh peteng banget..
Saya : sudah bu..istirahat..(kupapah bu katiyem menuju tempat tidurnya, si bapak melongo)
B.Katiyem : duh pak ed, nopo niki sing jarene sakaratul maut..? sedoyo ketingal padang semu kados kabut. wonten sapu tangan awe-awe..
P.Wagiran : ojo dleming wae, kowe lagi ngelu iku. sik tak jupukne bodrex.

Bu katiyem meraih tanganku. dipegangnya erat sekali, matanya terpejam. entah rasa sakit atau apa yg dirasakan saya tidak tau.

B.Katiyem : matur nuwun sanget pak eddy sampun kerso nuntun kulo. sakniki kulo siap lair batos madep mantep ing ngarsane Gusti Allah. kulo ikhlas nilar sedoyo kang dados remenan kulo. katresnan kulo..(kerling matanya menetes air bening)
Saya : Menawi sampun dumugi titi wancinipun kulo mboten saget paring atur. namung ikhlas tumus jeroning batin. sampun ngantos lepat penasaran. napas henggo nupus bali mangarso..
(tidak terasa air mataku jatuh juga. aku kuatkan diri dan kuhapus airmata bu katiyem)

B.Katiyem : (pelan sekali) Assallamuallaikum...
leeeeeeesss napas terlepas. senyum tersungging. masih menggunakan mukena.
Saya : (tertunduk) Wa'allaikumsalam warohmatulloh wa barokatuh...

Hening. kuyakini jasat perempuan ini sudah tak berpenghuni.

P.Wagiran : nyoh ombenen bodrex'e.. (dgn membawa gelas)

Kutenangkan pak wagiran. kuceritakan yg terjadi. kontan teriakan keras. melolong. menangis.
Tetangga berdatangan. dan proses selayaknya jenasah moslem pun berlaku..

Setahun berlalu.
Seorang lelaki yg saya kenal datang ke sanggar. Pak wagiran.
Beliau menceritakan akan segera berangkat haji tahun ini (2009). karena menjalankan saran saya untuk mengamalkan tenaganya setiap hari jumat. kebetulan takmir masjid agung memperhatikan cara lelaku pak wagiran dan diusulkan ke depag untuk mendapatkan hadiah haji gratis dari kerjasama depag dgn sponsor.

Selamat pak..semoga engkau senantiasa mendapat lindungan dari Alloh..amin
Flowers emotions cantik nature anime wonderful car body design lamborghini

0 komentar:

Posting Komentar